browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kompleks Plaza San Luis di Manila

Posted by on December 8, 2015

Kompleks Plaza  San Luis di Manila
Plaza San Luis, sebuah kompleks bangunan bergaya Spanyol kuno yang terletak di daerah Intramuros. Di kompleks ini ada sekitar sembilan rumah memperlihatkan gaya arsitektur zaman penjajahan Spanyol.  Gedung-gedungnya indah, langit-langitnya tinggi, ada kayu-kayu berukir yang menghiasi bagian atasnya, serta dindinnya juga terdiri atas bebatuan yang ditempel.. Jalan-jalan di dalam kompleks ini bukan aspal melainkan tersusun dari bebatuan yang indah.  Nahh..di kompleks bangunan-bangunannya berfungsi sebagai restoran, kafe, museum, hotel dan to ko-toko suvenir. Semuanya masih terawat dengan baik.

Ada satu restoran yang sangat terkenal yaitu Barbara’s, yang menyediakan makanan khas Spanyol dan Filipina, serta pelayan berseragam seperti penari Flamenco. Bahkan, katanya pada saat-saat tertentu akan menampilkan tarian-tarian Spanyol dengan kostum megah berwarna-warni dan beberapa tarian tradisional dari daerah Mindanao yang sangat mirip dengan kesenian asal Kalimantan. Sayangnya, saat saya datang waktunya pagi hari, sedang tidak ada event tersebut, dan cuma lewat saja..

Tidak jauh Kompleks Plaza San Luis, terdapat gereja San Agustin yang indah dan megah dan juga Rizal Park, sebuah taman luas dan indah yang didirikan sebagai monumen penghargaan bagi jasa pendiri pahlawan Filipina, DR. Jose Rizal. Jadi paling tidak ada tiga lokasi yang dengan mudah dikunjungi apabila anda sudah berada di Manila, yaitu Rizal Park, Intramuros dan Plaza San Luis. Teman saya bilang, oleh-oleh Filipina akan lebih murah kalau mencarinya ke toko handycraft di Balik Bayan.

Filipina dalam beberapa hal mempunyai  banyak kemiripan dengan Indonesia. Secara fisik, mirip dengan orang Indonesia mungkin karena satu rumpun Melayu Polynesia. Ada Filipino yang mirip Batak, Jawa, Minahasa dan lain-lain. Filipina juga Negara kepulauan meskipun lebih banyak pulau di Indonesia, cuacanya panas dan lembab. Juga sebagai salah satu pendiri dan anggota ASEAN sama dengan Indonesia. Tetapi Filipina merupakan negara Asia yang paling berbeda, budaya mereka cenderung ke barat-baratan. Mereka cenderung bebas dan konsumtif baik dari segi pendidikan sampai ke gaya hidup rakyatnya, dan sangat dipengaruhi budaya barat (disusun oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor Nov.2015).

Tulisan dalam PDF: Kompleks Plaza San Luis di Manila

Jalan kompleks San Luis

Jalan kompleks San Luis

Rumah-rumah bergaya Spanyol

Rumah-rumah bergaya Spanyol

Sudut depan rumah

Sudut depan rumah

Lorong penghubung antar gedung

Lorong penghubung antar gedung

Barbaras 's restoran heritage

Barbaras restoran heritage

Barbaras Restoran

Barbaras Restoran

Jalan bebatuan

Jalan bebatuan

Arsitektur Spanyol

Arsitektur Spanyol

Dinding batu yang khas

Dinding batu yang khas

Contoh Suvenir di San Luis

Contoh Suvenir di San Luis

Leave a Reply