browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan Jumát 30/2016

Posted by on February 5, 2016

Yuk Sholat Tahajud

Q.S. al Isra 79: Allah berfirman: ”Dan pada sebahagian malam bertahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat terpuji”.

Rasulullah tidak pernah meninggalkan Sholat Tahajud setiap malamnya. Aisyah RA mengatakan “Rasulullah mengerjakan Sholat Malam setelah mengerjakan Sholat Isya hingga waktu fajar Menyingsing”. Menurut riwayat juga bahwa tidur Beliau sangat sedikit, waktu malam banyak dihabiskan untuk sholat tahajud (Hadist Riwayat Ahmad).

Waktu Sholat Tahajud yang paling baik bisa kita ambil dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ” Pada tiap sepertiga malam terakhir Allah turun ke langit dunia lalu Ia berfirman: “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia”.

Yuk…yuk…  kita mulai mengamalkannya  mulai dari yang ringan secara istiqomah 2 rakaat, 4, 8 rokaat , dan ditutup dengan Sholat Witir 3 rokaat.  Banyak riwayat mengatakan bahwa Sholat Tahajud bermanfaat bagi kesehatan, dapat menyembuhkan segala macam penyakit, dan mengabulkan apa yang dimohonkan manusia kepadaNya… Para salafussaleh mengibaratkan sholat Tahajud sebagai riyadhoh, olahraga di pagi hari….masya Allah..

Tulisan dalam PDF: Renungan Jumát 30 2016

Leave a Reply