browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Menikmati Keindahan Pulau Bunaken

Posted by on September 11, 2016

Bunaken adalah sebuah nama yang sangat dikenal terutama bagi para pencinta diving dan snorkeling. Pulau ini memiliki taman laut yang sangat indah sehingga menjadi tjuan wisata bagi para turis domestik dan manca negara. Bunaken adalah sebuah sebuah pulau seluas 8,08 km² terletak  di Teluk Manado, di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Untuk menuju Pulau Bunaken, anda dapat  menyewa kapal cepat (speed boat) dengan beaya Rp 1.300.000,- untuk 20 orang penumpang. Lama perjalanan sekitar 45 menit dari pelabuhan kota Manado, yaitu Marina. Sepanjang peralanan menuju Pulau Bunakaen anda dapat menikmati gelombang laut yang cukup tenang, dan memandang pulau-pulau lain yang ada di sekitar teluk Menado. Sensasi yang luar biasa…

Di sekitar pulau Bunaken terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan yang tergolong tertinggi di dunia. Oleh karenanya banyak penyelam-penyelam datang ke pulau ini untuk menikmati keindahannya. Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken meliputi lima pulau yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area yang sangat luas, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Dalam perjalanan menuju Pulau Bunaken, speed boat yang mengantar pengunjung akan berhenti di beberapa titik Taman Laut Bunaken. Disini penupang akan diperlihatkan keindahan pemandangan bawah laut oleh awak speedboat dengan cara membuka dan menurunkan kotak kaca khusus. Melalui kotak kaca khusus ini terlihat aneka ragam ikan warna-warni yang indah berlarian, bergerombol pada dinding-dinding terumbu karang yang bentuknya juga beraneka ragam. Menurut awak speed boat yang juga penyelam, di beberapa titik Taman Laut Bunaken terdapat underwater great walls, atau disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Kegiatan yang bisa dilakukan  pengunjung di pulau Bunaken kebanyakan adalah snorkeling atau menyelam, agar dapat menikmati pesona keindahan taman laut secara utuh dan jelas. Bagi yang yang berkeinginan untuk melakukan snorkeling, di sekitar sini telah banyak penyedia alat – alat selam yang disewakan.  Jadi tidak perlu repot membawa peralatan. Bisa juga anda duduk-duduk di warung pinggir pantai sambil menikmati kelapa muda dan pisang goreng bercocol sambal.

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“.Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Disini terdapat lebih dari 3000 spesies ikan. Oleh karena kekayaan alam yang berada di Bunaken ini sangat luar biasa, maka berbagai organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove. Bila mau, anda juga dapat mengikuti wisata mangrove di areal ini. (Upik Kesumawati Hadi, September 2016).

Tulisan dalam PDF: Menikmati Keindahan Pulau Bunaken

Speedboat yang mengantar kami

Speedboat yang mengantar kami

Darmaga Bunaken

Darmaga P Bunaken

Kelapa muda dan pisang goreng sambal di tepi pantai P Bunaken

Kelapa muda dan pisang goren sambal pedas

Menjelang petang..

Menjelang petang di pantai Bunaken

Pemandangan sepanjang pantai

Cottage pinggir pantai

Semangat cinta Bunaken

Semangat cinta Bunaken…kami datang

Bersiap kembali ke Manado setelah snorkeling dan jalan-jalan

Snorkelin dan jalan-jalan sudah…kini kami siap kembali ke Manado

Oh Bunaken...

sampai jumpa…

 

Leave a Reply