browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Maluku Utara: Batu Angus

Posted by on October 21, 2016

Keindahan pantai di Ternate dapat dinikmati dari beberapa tempat. Selain di pantai Sulamadaha yang terkenal menjadi tujuan wisata, anda dapat mengunjungi daerah Batu Angus.  Batu Angus itu adalah daerah dipinggir pantai dengan hamparan batuan hasil letusan gunung Gamalama yang terjadi pada masa lampau tepatnya di tahun 1673. Batuan tersebut sesungguhnya merupakan lava yang sudah mongering dan mengeras sepertihingga menjadi onggokan batuan berwarna hitam.

Batu Angus berada tepatnya berada di Kelurahan Tarau, Kecamatan Kota Ternate Utara, persis  di bawah kaki Gunung Gamalama. Disini pengunjung dapat menikmati onggokan bebatuan sambil melihat birunya terbentang , serta angin laut yang menyejukkan. Sementara itu, kalau menengok ke belakang, pengunjung dapat melihat sebuah pemandangan gunung Gamalama yang mempesona.

Cuaca yang panas di Batu Angus tidak mengalahkan kita untuk tetap bertahan di pinggir pantai di sekitar hamparan Batu Angus. Berfoto ria atau selfi dan tawa canda dapat melunturkan rasa panas yang terasa menjalari tubuh. Sungguh indah sekali pemandangan disini…Subhanallah, begitu sempurna ciptaanmu ya Allah…

(Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, PS Parasitologi dan Entomologi Kesehatan IPB IPB Bogor 2016)

Tulisan Lengkap dalam PDF: Maluku Utara_Batu Angus

Bibir pantai di Batu Angus

Bibir pantai di Batu Angus

Mengabadikan keindahan pantai

Mengabadikan keindahan pantai

Satu di antara onggokan lava yang mengeras

Satu di antara onggokan lava yang mengeras

Monumen Batu Angus

Monumen Batu Angus

Birunya laut...nan tenang

Birunya laut…nan tenang

hamparan lava yang membatu

hamparan lava yang membatu

 

Leave a Reply