browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Maluku Utara: Benteng Tolukko

Posted by on October 23, 2016

Kota Ternate menyimpan banyak benteng-benteng peninggalan zaman penjajahan bangsa asing ketika memasuki Nusantara tercinta ini. Satu di antara benteng-benteng itu adalah Benteng Tolukko yang sempat saya kunjungi ketika ke ternate. Benteng ini sekarang terletak di antara rumah-rumah penduduk, namun masih cukup terawat dengan baik.

Benteng tersebut merupakan tempat pertahanan yang dibangun sejak zaman penjajahan Portugis. Bangunannya sangat kokoh, meskipun dibangun sudah sangat lama sekali atau ratusan tahun yang lampau. Ada parit, tempat perlindungan, bahkan konon ada terowongan bawah laut. Bangunan yang tersisa ini sudah mengalami pemugaran berkali-kali.

Dari atas benteng kita dapat melihat pemandangan rumah penduduk sekitar, pemandangan hamparan laut, dan pulau-pulau yang mengelilingi pulau Ternate. Seperti trend masa kini, berfoto ria, berselfi ria, adalah sesuatu yang lazim dilakukan oleh para pengunjung. Begitupun saya…Alhamdulillah berfoto-foto juga di sini bersama teman-teman…

Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, PS PEK IPB Bogor 2016.

Tulisan Lengkap dalam PDF: Maluku Utara_Benteng Tolukko.

Gerbang masuk Benteng Tolukko

Gerbang masuk Benteng Tolukko

Pemandangan setelah melewati gerbang

Pemandangan setelah melewati gerbang

Terawat rapi

Terawat rapi

Berpose di atas benteng bersama ibu Sumi

Berpose di atas benteng bersama ibu Sumi

Tampak perumahan pendudu sekitar benteng dan laut biru

Tampak perumahan pendudu sekitar benteng dan laut biru

 

Leave a Reply