browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Maluku Tenggara Barat: Pulau Yamdena

Posted by on November 2, 2016

Pulau Yamdena adalah pulau terluar Indonesia yang pertama kali saya kunjungi, oleh karena itu sangat mengesaankan.  Subhanallah saya sangat bersyukur dapat melihat betapa indahnya negeriku, Indonesia tercinta ini. Pulau Yamdena, yang tergolong pulau terbesar di kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan satu di antara sembilan  kabupaten  yang ada di Provinsi Maluku. Kabupaten ini memiliki posisi yang strategis sebagai kawasan perbatasan antar negara, yaitu dengan Australia.  Saat ini daerah kepulauan ini sedang dipersiapkan sebagai pintu gerbang internasional, dan waktu tidk lama lagi akan banyak peluang investasi yang bisa dikembangkan di daerah ini. Potensi yang dapat dikembangkan adalah sektor perikanan dengan ikannya yang melimpah, kehutanan dan perkebunan, tanaman  pangan  dan peternakan. Selain itu, alamnya  yang menyimpan sangat banyak keindahan, kelak akan menjadi  salah  satu  tujuan wisata terkemuka di Indonesia.

Destinasi wisata yang dapat dipromosikan di Pulau Yamdena antara lain adalah Pantai Sifnana, Pantai Weluan, Pantai Eliasa, Komplek Kristus Raja, Pantai Kelyar, dan Air Bomaki.  Monumen Kristus Raja dibangun di Desa Olilit, untuk mengenang sekitar seratus tahun yang lalu, ketika misionaris Katolik dari Belanda pertama kali datang ke Tanimbar. Mereka berlabuh di sana dan menyebarkan agama di sepanjang pantai timur Pulau Yamdena. Oleh karena itu hingga kini, mayoritas masyarakat Desa Olilit Raya beragama Katolik.

Ketika mengunjungi komplek Kristus raja, saya menikmati deburan ombak laut, angin segar laut dan melihat pantai serta lautan Indonesia tercinta yang sungguh mempesona. Tidak heran banyak turis Australia yang sangat menyukai pulau Yamdena.

 

Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, Program Studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan IPB, Bogor 2016.

Tulisan lengkap dalam PDF: Maluku Tenggara Barat_Pulau Yamdena

Kepulauan Tanimbar (merah) , pulau-pulau terluar

Kepulauan Tanimbar (merah) , pulau-pulau terluar (Google)

Yamdena, pulau terbesar di kepulauan Tanimbar (Google)

Yamdena, pulau terbesar di kepulauan Tanimbar (Google)

Pantai pasir putih, langit biru bersih, laut nan biru penuh pesona

Pantai pasir putih, langit biru bersih, laut nan biru penuh pesona

Menikmati pesona pantai Kelyar bersama drh Indrawati

Menikmati pesona pantai Kelyar bersama drh Indrawati

Komplek Kristus Raja

Komplek Kristus Raja

Air Bomaki bersama ibu Chandra dan bu Indrawati

Air Bomaki bersama ibu Chandra dan bu Indrawati

melihat proses pembuatan kapal di pantai desa Olilit

Melihat proses pembuatan kapal di pantai desa Olilit

 

Leave a Reply