browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Maluku Tenggara Barat: Saumlaki

Posted by on November 4, 2016

Sebelum mengunjungi daerah Saumlaki saya mencari peta Indonesia tercinta. Ternyata daerah yang akan saya kunjungi adalah tergolong Daerah Pulau Terluar Indonesia yang lautnya berbatasan dengan wilayah Australia. Subhanallah Indonesia ini ternyata sangat luas sekali dan kaya sekali kalau semuanya dapat dikelola dengan baik.

Saumlaki adalah ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Provinsi Maluku yang merupakan kabupaten baru yang berdiri tahun 2002. Wilayahnya mencakup seluruh Kepulauan Tanimbar. Kota Saumlaki terletak di Pulau Yamdena, yang tergolong pulau terbesar di kepulauan Tanimbar. Kabarnya dalam waktu dekat kabupaten ini akan berubah menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kalau anda memasuki kota Saumlaki terasa sekali suasana pantai, laut, dengan potensi alam laut yang melimpah. Ikan bakar di sore hari di sepanjang jalan dekat pelabuhan, ramai menjadi santapan warga dan tamu pendatang. Penjualnya sebagian besar adalah pendatang seperti Buton, Makassar, dan Jawa. Oleh karena itu tidak heran ketika waktu subuh atau saat jam-jam solat terdengar alunan adzan dari satu-satunya masjid yang saya jumpai di kota ini.

Di jalan utama di kota ini berderet toko-toko yang dikuasai oleh Cina, demikian juga restoran dan hotel-hotelnya. Mau barang apa saja tersedia di kota ini, meskipun hingga saat ini kebanyakan barang-barang yang masuk ke kota ini berasal dari Surabaya. Semoga saja di masa datang berkembang industri yang dapat mempercepat perkembangan wilayah ini.

Hotel yang anda dapat pilih disini ada Hotel Beringin Dua dengan gaya arsitektur Cina yang cantik dan unik, tetapi saya lebih memilih Hotel Harapan Indah, yang letaknya di jalan utama, di sekitar pertokoan, dan kamar-kamarnya menjorok ke laut, sehingga dapat menikmati segarnya angin laut dan pemandangan pantai dan pelabuhan. Kabarnya setiap tahun pelabuhan Saumlaki menjadi ajang kegiatan Sail Darwin – Saumlaki.

Saat ini Saumlaki sedang banyak melakukan pembangunan yang kelak menjadi kota kabupaten yang maju. Kota ini memiliki posisi yang strategis sebagai kawasan perbatasan antar negara, yaitu dengan Australia.  Semoga kelak menjadi pintu gerbang internasional yang dapat dibanggakan oleh Indonesia tercinta.

Saat ini kota Saumlaki sedang membangun, banyak sarana dan prasarana untuk kemajuan kota ini mulai dibangun. Demikian pula pembangunan sumber daya manusianya, di kota ini ada beberapa sekolah unggulan yang lulusannya bisa menembus perguruan tinggi di luar wilayah Maluku.

Semoga suatu ketika dapat menginjak lagi kota ini…terima kasih ya Allah atas karuniamu selama ini…

Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, Program Studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Institut Pertanian Bogor (IPB).

TULISAN LENGKAP DALAM PDF: Maluku Tenggara Barat_Saumlaki..

Suasana kota Saumlaki

Suasana kota Saumlaki

Deretan toko

Deretan toko

Satu toko penjual minyak kayu putih

Satu toko penjual minyak kayu putih

Satu Masjid di kota ini

Satu Masjid di kota ini

Menanti ikan bakar ...

Menanti ikan bakar …

Dabu-dabu...teman ikan bakar

Dabu-dabu…teman ikan bakar

ketupat buton

ketupat buton

Tanda mata dari ibu Chandra selendang khas saumlaki

Tanda mata dari ibu Chandra selendang khas saumlaki

Leave a Reply