browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

KILAS BALIK 50 TAHUN ENTOMOLOGI DI FKH IPB

Posted by on November 19, 2016

Berikut ini disajikan Kilas balik 50 tahun entomologi di Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor yang telah disampaikan oleh penulisnya yaitu Prof Dr Drh Singgih Harsoyo Sigit di Landhuis Kampus Darmaga Bogor. Beliau menyampaikannya tepat di saat usianya yang ke 80 tahun yaitu 2 Mei 2016 atau acara “80tahun Pak Singgih”. Hadir dalam acara ini keluarga, teman sejawat, mahasiswa, alumni pasca sarjana Entomologi Kesehatan (ENK IPB), undangan pejabat IPB dan kerabat lainnya.

Mengapa penting saya sampaikan disini karena tulisan ini mengisahkan perkembangan keberadaan disiplin entomologi pada FKH-IPB selama kurang lebih 50 tahun, termasuk berbagai “kendala” yang menghadang maupun “keberuntungan” yang menghampirinya. Kisah ini bagi saya merupakan kisah yang sangat inspiratif, yang dapat menjadi teladan bagi kita semua agar menghargai sejarah dan hasil capaian yang telah dilakukan seseorang selama ini. Dengan menengok kebelakang, Prof Singgih berharap dapat mengevaluasi seberapa jauh entomologi sebagai suatu disiplin ilmu telah berkembang sejalan dengan perkembangan di Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Disiplin entomologi dalam kurikulum kedokteran hewan pada umumnya tidak dikenal, karena sudah tercakup dalam bidang ilmu parasitologi. Dengan demikian wajar apabila pada fakultas-fakultas kedokteran hewan dimanapun hampir tidak ada unit khusus yang mengurusi dan membina disiplin entomologi. Padahal sebenarnya sudah lazim diakui bahwa arthropoda itu berperan cukup penting pada kasus-kasus penyakit tular-vektor, baik dalam hal pemahaman epidemiologinya maupun dalam penetapan strategi pengendaliannya.

Fakultas Kedokteran Hewan IPB mempunyai visi (=pandangan) lain yaitu bahwasanya penanganan penyakit tular-vektor maupun masalah lain akibat infestasi ektoparasit tidak akan dapat tuntas apabila kita tidak mengenali dan memahami berbagai aspek perikehidupan vektornya maupun ektoparasit bersangkutan. Oleh karenanya diperlukan wawasan yang lebih luas mengenai kevektoran dan bioekologi ektoparasit pada umumnya, dan untuk itu dibentuklah unit khusus di bidang Parasitologi yang menangani pengajaran serta pembinaan entomologi. Wacana mengenai pembentukan unit khusus itu sudah mulai merebak semenjak Tahun 1961 sewaktu kami menyadari perlunya keahlian khusus ektoparasit (dalam arti luas) di antara para dosen staf bagian Parasitologi waktu itu (Upik Kesumawati Hadi Ketua PS Parasitologi dan Entomologi Kesehatan IPB)….

TULISAN LENGKAP DALAM PDF: KILAS BALIK 50 TAHUN ENTOMOLOGI DI FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN IPB BOGOR

Prof Singgih sedang menyampaikan memoarnya

Prof Singgih sedang menyampaikan memoarnya

Prof Singgih didampingi ibu

Prof Singgih didampingi ibu

Prof Singgih dan penerus

Prof Singgih dan penerus

Leave a Reply