browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pemalang: Nasi Grombyang

Posted by on December 2, 2017

Pertama kali mendengar Nasi Grombyang yaitu saat menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat suami di Pemalang. Di salah satu gubuk hidangannya tertulis Nasi Grombyang,  dengan penasaran saya menanyakan kepada penjaganya… Oh ini nasi khas kota Pemalang. Saya pun mencobanya satu mangkok kecil…oh ..seperti rawon karena kuahnya berwarna hitam.  Saya jadi teringat ada juga Nasi Gandul di Juwana Pati yang agak mirip rasanya.

Seorang kenalan bahkan menganjuran ke warungnya Pak H. Warso yang terkenal di Pemalang. Dan akhirnya kami menemukannya dan rupanya Nasi Grombyang Pak H Warso menjadi satu tujuan kuliner yang paling laris disini. Penampilan nasinya yang penuh kuah panas, memang sangat menggoda selera.  Kuahnya mirip dengan kuah rawon, tetapi lebih encer. Tampaknya sama-sama berbahan dasar kluwek tetapi pada Nasi Grombyang ini bumbu rempahnya lebih terasa dan gurih dengan aroma khas kelapa sangrai. Di meja juga tersedia kecap dan sambel cabe rawit serta Sate Kerbau. Sate kerbau yang disajikan berupa daging yang dibumbui dan diungkep kemudian ditusuki seperti sate. Rasanya sedikit manis dan lembut di lidah. Wach pokoknya nikmat……..Untuk ukuran bapak-bapak tidak cukup satu porsi, tetapi dua porsi….

h warso nasi grombyang

Inilah si pemilik warung ..H Warso

 

Tulisan lengkap silakan lihat dalam tulisan PDF: Pemalang Nasi Grombyang

Leave a Reply